Jumat, 01 Maret 2013

Hikmah Do'a

Manusia selalu mengharapkan semua keinginannya dapat terwujud. Keinginan itu pula yang menyebabkan manusia melakukan berbagai cara yang ditempuhnya untuk mewujudkan cita-cita, tidak jarang dari mereka menghalalkan yang haram.
Meminta hanya pada Allah seharusnya yang menjadi prioritas utama disamping ikhtiar. Mengapa manusia diharuskan untuk ikhtiar? Ikhtiar merupakan langkah usaha, sehingga kita merasakan jerih payah, merasakan keringat, yang kemudian ketika itu terpenuhi keinginan kita, kita tidak membesarkan kepala.

Namun, perlu kita ketahui bersama! bahwa Do'a yang kita panjatkan kepada Allah, tidak selamanya langsung terpenuhi. Adakalanya Allah langsung mengabulkan/memenuhi permintaan kita. ini yang selalu diharapkan oleh manusia. Ada kalanya juga Do'a yang kita minta kepada Allah digantikan dengan hal yang lain, yang bagi Allah itu lebih baik. Namun manusia lalai, bahwa itu pemberian dari Allah. Perlu kita ketahui bersama, Allah selalu memberikan jalan yang terbaik untuk hamba-Nya walau itu tidak sama dengan yang diminta oleh hamba-Nya.
Dan yang terakhir, do'a itu adakalanya disimpan sebagai tabungan untuk diakhirat nanti. Ini merupakan rahmat Allah yang luar biasa. Mengapa tidak, jikalau kita kurang dalam timbangan amalan, Allah memberikan tabungan berupa do'a yang belum terkabulkan di dunia.

Subhanallah, Maha Agung Allah dalam segala sifat-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar